Kamis, 12 Mei 2016

Contoh Pidato Bahasa Indonesia Tema Pendidikan

This is the one of my task in Senior High School. We were asked to make a pidato, and mine is about Education.

Om Swastyastu,
Terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya
Yth Kepala SMA X
Yang saya hormati guru-guru  SMA X
Dan tentu saja kepada adik-adik kelas XII SMA yang saya cintai
            Selamat pagi adik-adik semua! Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan YME karena atas rahmatnya kita dapat berkumpul di lapangan ini dengan keadaan sehat meskipun cuaca agak panas.
            Perkenalkan saya selaku pengurus Bimbingan Belajar Pintar. Nah, sebelumnya saya ingin bertanya kepada adik-adik sekalian, setelah lulus SMA, sebagian besar dari kalian tentu akan melanjutkan ke perguruan tinggi kan?
            Nah oleh sebab itulah, kedatangan saya kemari ingin membagikan informasi kepada adik-adik tentang pemilihan jurusan saat kuliah nanti. Memilih jurusan kuliah bukan urusan yang sepele. Banyak faktor yang harus diperhitungkan dan dipikirkan secara matang-matang. Jangan sampai, nantinya kalian salah memilih jurusan dan akhirnya menyesal.
            Faktor pertama yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan cita-cita, minat dan bakat. Semua orang mempunyai cita-cita,  namun apakah cita-cita mereka sudah sesuai dengan minat dan bakatnya? Misalnya ada seseorang yang bercita-cita menjadi penyanyi terkenal karena dorongan orang tuanya, namun ia tidak suka menyanyi dan memiliki bakat lain yaitu menari. Apakah cita-citanya menjadi penyanyi dapat terwujud? Peluangnya kecil. Jika tidak menyukai hitung-hitungan sebaiknya janganlah mengambil jurusan fisika atau matematika, jika tidak suka menggambar janganlah mengambil jurusan arsitektur. Jadi harus disesuaikan ya adik-adik dengan minat dan bakan kalian.
            Faktor yang kedua adalah cari informasi yang sebanyak-banyaknya tentang perguruan tinggi yang akan dituju. Bertanya bisa kepada guru BK, guru bimbel, kakak kelas  atau kalian mencari sendiri infonya di internet. Selain itu, ketika mencari jurusan janganlah ikut-ikutan teman saja. Memang kalian sekarang bersahabat, selalu bersama  sehidup semati, namun dalam hal mencari kuliah ini menentukan masa depan. Kalian memiliki cita-cita minat dan bakat yang berbeda sehingga tidak bisa disamakan.
            Yang ketiga adalah kemampuan biaya. Pendidikan itu tidak ada yang gratis apalagi di jenjang perkuliahan. Setiap perguruan tinggi menetapkan biaya perkuliahan yang berbeda-beda. Perguruan tinggi negeri relatif memiliki biaya kuliah yang lebih rendah dibandingkan perguruan tinggi swasta. Jadi harus disesuikan dengan kemampuan financial orang tua kalian. Jangan sampai misalkan kemampuan orang tua kalian mencukupi namun kalian ingin berkuliah di luar negeri seperti Oxford University atau British University. Jika seperti itu jangankan untuk biaya kuliahnya, biaya untuk pergi kesana pun masih perlu dipikir-pikir. Tapi, lain halnya jika kalian mendapat beasiswa, itu akan lebih bagus. Jadi adik-adik mulailah dari sekarang, pikirkan biaya yang kalian pegunakan nanti ketika kuliah bisa mulai sekarang menabung sedikit demi sedikit untuk keperluan kalian nanti.
            Yang terakhir adalah perhatikan kualitas dari perguruan tinggi yang akan adik-adik pilih. Lihat bagaimana kualitas pengajar dan lulusan-lulusan disana.Apakah setelah lulus akan menjanjikan sebuah pekerjaan atau tidak? Karena kan tujuan kita kuliah adalah untuk bekerja, jika setelah lulus kuliah tidak bekerja apa gunanya kuliah apalagi menghabiskan biaya yang banyak. Oleh sebab itulah perhatikan baik-baik, cari informasi yang selengkap-lengkapnya tentang perguruan tinggi yang akan kalian pilih. Tidak lupa sesuaikan dengan cita-cita, minat, bakat dan kemampuan biaya yang kalian miliki.
            Ayo adik-adik mulai dari sekarang, pikirkanlah matang-matang jurusan apa yang akan kalian cari nanti, jangan sampai setelah ujian nasional kalian kewalahan mau cari perguruan tinggi dimana dan ujung-ujungnya akan mengeluarkan biaya banyak. Jadi tidak ada kata terlambat, mulai berpikir, mulai berusaha, tidak lupa berdoa dan kesuksesan akan menunggu kalian semua.
            Kemudian saya mengajak adik-adik sekalian untuk mengikuti Bimbingan Belajar Pintar karena disini kalian akan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang perguruan tinggi yang akan kalian cari. Demian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih atas perhatiannya.

            Om Santih Santih Santih Om

Tidak ada komentar:

Posting Komentar